UJIAN
TENGAH SEMESTER GENAP TAHUN AKADEMIK 2015/2016
FKIP
UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH METRO
___________________________________________________________________
Mata Kuliah : Strategi Pembelajaran Biologi
Program Studi : Pendidikan Biologi
Hari/Tanggal : Rabu, 28 April 2016
Waktu : Pukul 08.00 – 09.40
untuk kelas A
Pukul 10.00 – 11.40 untuk kelas B
Tempat : Ruang E.23
Dosen Penguji : Prof. Dr. H. Karwono, M.Pd.
Drs. Anak Agung Oka, M.Pd.
Petunjuk:
1. Jawablah pertanyaan di bawah ini dengan singkat, jelas dan benar.
2. Kerjakan dari soal yang anda anggap
terlebih dahulu.
3. Gunakan referensi dalam menjawab
pertanyaan.
Soal:
1. Coba saudara jelaskan apa yang
dimaksud dengan Strategi Pembelajaran, dan apa hubungan antara Strategi
Pembelajaran dengan metode dan teknik pembelajaran?
2. Apakah yang dimaksud dengan strategi
pembelajaran ekspositori.
a. Apakah yang menjadi dasar pertimbangan
guru untuk menggunakan strategi pembelajaran ekspositori?
b. Teori belajar yang menjadi pijakan strategi pembelajaran ekspositori?
3. Strategi Pembelajaran yang
beroreantasi pada Aktivitas Peserta Didik merupakan penerapan strategi
pembelajaran tak langsung yang menekankan kepada proses keterlibatan peserta
didik untuk dapat menemukan materi yang dipelajari dan menghubungkannya dengan
situasi kehidupan secara riil, sehingga hasinya diharapkan dapat diterapkan
dalam kehidupan.
a. Apa yang menjadi dasar pertimbangan
menggunakan strategi ini?
b. Metode apa saja yang dapat digunakan
untuk menerapjan strategi ini?
c. Coba berikan contoh langkah-langkah
stategi pembelajaran yang beroreantasi pada peserta didik.
4. a. Apakah yang dimaksud dengan
strategi pembelajaran inquiry?
b. Metode apakah yang dapat dipergunakan
untuk mengimplementasikan strategi pembelajaran inquiry?
c. Apakah ciri-ciri strategi pembelajaran
inquiry?
5. Hasil pembelajaran dapat
diidentifikasi melalui efektivitas, efisiensi dan daya tarik pembelajaran. Coba
Saudara jelaskan apa maksudnya.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar