Kamis, 21 April 2016

SOAL UTS STRATEGI PEMBELAJARAN BIOLOGI

UJIAN TENGAH SEMESTER GENAP TAHUN AKADEMIK 2015/2016
FKIP UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH  METRO
___________________________________________________________________

Mata Kuliah                 : Strategi Pembelajaran Biologi
Program Studi             : Pendidikan Biologi
Hari/Tanggal               :  Rabu, 28 April 2016
Waktu                          : Pukul 08.00 – 09.40 untuk kelas A
                                      Pukul 10.00 – 11.40 untuk kelas B
Tempat                        : Ruang E.23
Dosen Penguji             : Prof. Dr. H. Karwono, M.Pd.
                                      Drs. Anak Agung Oka, M.Pd.


Petunjuk: 1. Jawablah pertanyaan di bawah ini dengan singkat, jelas dan benar.
 2. Kerjakan dari soal yang anda anggap terlebih dahulu.
 3. Gunakan referensi dalam menjawab pertanyaan.

Soal:

1.   Coba saudara jelaskan apa yang dimaksud dengan Strategi Pembelajaran, dan apa hubungan antara Strategi Pembelajaran dengan metode dan teknik pembelajaran?
2.      Apakah yang dimaksud dengan strategi pembelajaran ekspositori.
a. Apakah yang menjadi dasar pertimbangan guru untuk menggunakan strategi pembelajaran ekspositori?
b.    Teori belajar  yang menjadi pijakan strategi pembelajaran ekspositori?
3.   Strategi Pembelajaran yang beroreantasi pada Aktivitas Peserta Didik merupakan penerapan strategi pembelajaran tak langsung yang menekankan kepada proses keterlibatan peserta didik untuk dapat menemukan materi yang dipelajari dan menghubungkannya dengan situasi kehidupan secara riil, sehingga hasinya diharapkan dapat diterapkan dalam kehidupan.
a.    Apa yang menjadi dasar pertimbangan menggunakan strategi ini?
b.    Metode apa saja yang dapat digunakan untuk menerapjan strategi ini?
c.  Coba berikan contoh langkah-langkah stategi pembelajaran yang beroreantasi pada peserta didik.
4.      a. Apakah yang dimaksud dengan strategi pembelajaran inquiry?
b. Metode apakah yang dapat dipergunakan untuk mengimplementasikan strategi pembelajaran inquiry?
c.    Apakah ciri-ciri strategi pembelajaran inquiry?
5.  Hasil pembelajaran dapat diidentifikasi melalui efektivitas, efisiensi dan daya tarik pembelajaran. Coba Saudara jelaskan apa maksudnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar